RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Diajukan untuk memenuhi tugas simulasi mengajar
Mata Kuliah Pendidikan IPA Sekolah Dasar
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Dosen Pengampu: Yuli Astomo, M. Pd.
Disusun oleh:
Mahliga Pratiwindyanti ( NIM. 09108241027 )
S.9B
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS/SEMESTER : IV ( Empat ) / II
ALOKASI WAKTU : 15 menit
STANDAR KOMPETENSI
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda.
KOMPETENSI DASAR
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda.
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda.
INDIKATOR
1. Menunjukkan pengaruh gaya terhadap bentuk dan gerak benda dengan menggunakan peragaan/model
2. Menjelaskan hubungan antara gaya dengan bentuk dan gerak benda melalui peragaan
3. Memberikan contoh peralatan yang menggunakan prinsip gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
A. Tujuan Kognitif
1. Setelah melakukan pengamatan dan praktikum siswa diharapkan dapat pengaruh gaya terhadap bentuk dan gerak benda dengan menggunakan peragaan/model dengan benar.
2. Setelah melakukan pengamatan dan praktikum siswa diharapkan dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda dengan benar.
B. Tujuan Afektif
1. Dalam melakukan pengamatan dan praktikum siswa diharapkan dapat merasa senang dn tertarik terhadap materi yang sedang diajarkan.
2. Setelah melakukan pengamatan dan praktikum siswa dapat memahami hubungan antara gaya, bentuk, dan gerak benda dengan menggunakan peragaan/model dengan baik.
C. Tujuan Psikomotor
1. Selama melakukan pengamatan siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan tentang hubungan antara gaya, bentuk dan gerak benda dengan baik dan benar.
2. Setelah melakukan praktikum dan pengamatan siswa mampu merancang model untuk membuktikan pengaruh gaya terhadap bentuk dan gerak benda dengan baik.
II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak, berubah arah geraknya, dan berubah bentuk.
2. Makin besar gaya yang bekerja pada benda, gerakan benda makin cepat.
III. METODE PEMBELAJARAN
1. Diskusi
2. Pengamatan ( observasi )
3. Tanya Jawab
4. Ceramah
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
1. Salam pembuka, berdo’a.
2. Mengabsen kehadiran siswa.
3. Appersepsi : Guru menceritakan peristiwa yang berhubungan dengan konsep gaya.
4. Motivasi : Siswa memperoleh informasi tentang tujuan dari kegiatan pembelajaran.
B. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan kepada siswa tentang konsep gaya.
2. Guru memeriksa pemahaman siswa dengan menanyakan arti dari gaya.
3. Siswa menuliskan arti dari gaya pada LKS nomor 1.
4. Siswa melakukan aktivitas yang berhubungan dengan gaya yaitu kegiatan menggeser kursi, memantulkan bola ke lantai, dan membentuk plastisin.
5. Siswa melakukan diskusi tentang pengaruh gaya terhadap benda setelah melakukan percobaan.
6. Siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang telah disediakan.
7. Siswa merancang model, alat, serta bahan untuk membuat model gaya dan gerak ( model ketapel, model jungkat jungkit, dan model mobil-mobilan ) sebagai tugas rumah.
C. Kegiatan Akhir
1. Guru memeriksa pemahaman siswa tentang pengaruh gaya terhadap benda.
2. Do’a, salam, penutup.
V. SUMBER/ALAT/MEDIA
1. Akrab dengan Dunia IPA 4, halaman 96 sampai halaman 104
2. Kursi
3. Plastisin
4. Bola
VI. TEST PENILAIAN
1. Posedur : Tes
2. Bentuk : Tertulis, Kinerja
3. Jenis : Pilihan ganda dan isian
Mengetahui, Yogyakarta, ………………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
(----------------------------) (----------------------------)
NIP. …………………. NIP. …………………..
LEMBAR KERJA SISWA
NAMA SISWA : ..................................................
NOMOR ABSEN : ..................................................
KELAS : ...................................................
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
INDIVIDU:
1. Apa yang dimaksud dengan gaya?
JAWAB:
Gaya adalah .............................................................................................................
.................................................................................................................................
2. Geser kursi yang kamu duduki ke arah kiri!
Setelah digeser, apakah terjadi perubahan tempat pada kursi?
JAWAB:
YA atau TIDAK
( lingkari salah satu yang benar )
3. Apa kesimpulan dari soal nomor 2?
JAWAB:
Gaya dapat menyebabkan........................................................................................
DALAM KELOMPOK:
4. Saat bola dipantulkan ke lantai, apakah terjadi pergerakan pada bola?
JAWAB:
YA atau TIDAK
( lingkari salah satu yang benar )
5. Apa kesimpulan dari soal nomor 4?
JAWAB:
Gaya dapat menyebabkan........................................................................................
6. Bentuklah plastisin menjadi bentuk yang kamu suka!
Setelah dibentuk, apakah terjadi perubahan bentuk pada plastisin?
JAWAB:
YA atau TIDAK
( lingkari salah satu yang benar )
7. Apa kesimpulan dari soal nomor 6?
JAWAB:
Gaya dapat menyebabkan........................................................................................
8. Apa kesimpulan dari kegiatan di atas?
JAWAB:
Gaya dapat menyebabkan:
1. ...........................................................................................
2. ...........................................................................................
3. ...........................................................................................
Format Penilaian
No | Aspek Penilaian | Skor yang mungkin diberikan | Skor Penilaian |
1 | Kecepatan membentuk kelompok | 0 - 10 | |
2 | Kecepatan menemukan jawaban | 0 - 30 | |
3 | Ketepatan jawaban | 0 - 30 | |
4 | Partisipasi dalam kelompok | 0 - 15 | |
5 | Membuat kesimpulan | 0 - 15 | |
Jumlah Skor | 0 - 100 | |
Nilai:
Skor Perolehan
----------------------- x 100
100
makasi bnyak ya mba'..
BalasHapus