Entri Populer

Senin, 24 Oktober 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Diajukan untuk memenuhi tugas simulasi mengajar
Mata Kuliah Pengembangan Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar


Dosen Pengampu: Hidayati, M. Hum.


Disusun oleh:
KELOMPOK 6
1.      Ainiyatullatifah                             (09108244095)
2.      Dimas Yudhistira                          (09108244034)
3.      Eka Desiana                                  (09108244096)
4.      Mahliga Pratiwindyanti                (09108241027)
5.      Nur Rahman Ahmad Bayu Aji     (09108244117)
KELAS:   S.3B






PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                   :
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Sosial
KELAS/SEMESTER  : VI ( Enam ) / I
ALOKASI WAKTU   : 30 menit





STANDAR KOMPETENSI
1.            Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam, dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua.
KOMPETENSI DASAR
1.3        Mengidentifikasi benua-benua.
INDIKATOR
1.            Menemutunjukkan pada peta letak benua-benua di dunia.
2.            Menemutunjukkan pada peta letak negara-negara besar di setiap benua.





I.             TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Selama pembelajaran siswa diharapkan dapat mengenal nama-nama benua di dunia dengan baik.
2.      Selama pembelajaran siswa diharapkan mampu menunjukkan pada peta nama dan letak benua dengan benar.
3.      Dalam menemutunjukkan negara-negara besar di setiap benua pada peta berdasarkan kawasan siswa diharapkan mampu bekerjasama dengan teman dalam kelompok dengan baik.
4.      Setelah kegiatan pembelajaran siswa diharapkan dapat mengenal ciri-ciri khas negara-negara besar di setiap benua dengan baik dan benar.
II.          MATERI PEMBELAJARAN
Benua-benua yang ada di dunia.
III.       METODE PEMBELAJARAN
1.      Diskusi.
2.      Ceramah.
3.      Picture and Picture.
4.      Examples non examples.
IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.    Kegiatan Awal
1.      Salam pembuka, berdo’a.
2.      Mengabsen kehadiran siswa.
3.      Appersepsi : Guru mengadakan tanya jawab yang mengarah kepada inti pembelajaran.
4.      Motivasi : Siswa memperoleh informasi tentang tujuan dari kegiatan pembelajaran.
B.     Kegiatan Inti
1.      Pada pertemuan sebelumnya, guru membagi siswa kelas dalam 5 kelompok (Kelompok 1: Benua Amerika, Kelompok 2: Benua Eropa, Kelompok 3: Benua Australia, Kelompok 4: Benua Asia, Kelompok 5: Benua Afrika), dan meminta siswa untuk mempelajari materi mengenai benua-benua di dunia.
2.      Guru mengkondisikan siswa agar duduk sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan.
3.      Guru membagikan paket Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk masing-masing kelompok.
4.      Siswa berdiskusi dalam mengerjakan LKS.
5.      Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi.
6.      Guru menyampaikan beberapa soal penguatan untuk menguji pemahaman siswa dan sekaligus sebagai bentuk evaluasi pembelajaran.
7.      Siswa menjawab soal-soal penguatan dari guru di kertas secara berkelompok.
8.      Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya.
9.      Guru menyampaikan jawaban dari soal-soal penguatan dan kesimpulan dari materi pelajaran secara keseluruhan.
C.    Kegiatan Akhir
1.      Guru memeriksa pemahaman siswa tentang benua-benua di dunia dengan pertanyaan-pertanyaan lisan.
2.      Do’a, salam, penutup.
V.          SUMBER/ALAT/MEDIA
1.      Atlas.
2.      Puzzle peta dunia.
3.      Lembar kerja siswa.





VI.       TEST PENILAIAN
Prosedur Penilaian
Bentuk Penilaian
1.      Tes

2.      Kinerja
1.       Tertulis dengan jenis soal isian
2.       Skala sikap




















         Mengetahui,                                                             Yogyakarta, ………………
       Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran




(----------------------------)                                                      (----------------------------)
NIP. ………………….                                                         NIP. …………………..



LEMBAR KERJA SISWA
                                   

Kelompok      :
1.      ……………………….
2.      ……………………….
3.      ……………………….
4.      ……………………….
5.      ……………………….
6.      ....................................
7.      .....................................
8.      .....................................

Tujuan :      Menemutunjukkan letak benua-benua dan negara-negara di masing-masing benua.
Alat dan Bahan :
1.      Atlas.
2.      Puzzle peta benua-benua dan negara-negara besar.
3.      Lembar kerja siswa.
Prosedur Kerja :      
1.      Buatlah kelompok kerja yang masing-masing beranggotakan 8 siswa.
2.      Ambil alat dan bahan yang telah disediakan oleh guru dan periksa kembali kelengkapannya.
3.      Susunlah potongan-potongan gambar peta dunia menjadi bentuk peta BENUA yang utuh dan benar.
4.      Jawablah pertanyaan-pertanyaan pada Lembar Jawab Siswa.
5.      Setelah menjadi gambar peta BENUA dengan susunan yang benar, tempelkan benua tersebut pada atlas besar yang telah disediakan guru di depan kelas.
6.      Tampilkan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
7.      Kumpulkan hasil diskusi ( LKS ) kelompok kepada guru.
LEMBAR JAWAB SISWA

Kelompok 1 ( BENUA AMERIKA )          :
1.      ……………………….
2.      ……………………….
3.      ……………………….
4.      ……………………….
5.      ……………………….
6.      ......................................
7.      .....................................
8.      .......................................


Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Penemu Benua Amerika adalah...... (Christopher Colombus)
2.      Ibukota negara Amerika Serikat adalah.....(Washington DC)
3.      Sungai apa yang terdapat di benua Amerika yang merupakan sungai terpanjang di dunia?(Sungai Amazon)
4.      Air terjun apa yang terdapat di benua Amerika yang merupakan air terjun tertinggi di dunia?(Air Terjun Niagara)
5.      Ibukota negara Brasil adalah.............(Brasilia)











LEMBAR JAWAB SISWA

Kelompok 2 ( BENUA EROPA )    :
1.      ……………………….
2.      ……………………….
3.      ……………………….
4.      ……………………….
5.      ……………………….
6.      .....................................
7.      .....................................
8.      ......................................


Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Negara yang memiliki julukan sebagai Negara Kincir Angin adalah..........(Belanda)
2.      Sebutkan 4 negara di benua Eropa!(Inggris, Belanda, Spanyol, Perancis)
3.      Negara terbesar di benua Eropa adalah negara....................(Rusia)
4.      Di negara manakah letak Menara Eiffel?(Perancis)
5.      Sebutkan batas-batas benua Eropa secara geografis!
(Sebelah Utara: Samudera Pasifik, Sebelah Selatan: Laut Tengah, Sebelah Barat: Samudera Atlantik, Sebelah Timur: Benua Asia)











LEMBAR JAWAB SISWA

Kelompok 3 ( BENUA AUSTRALIA )      :
1.      ……………………….
2.      ……………………….
3.      ……………………….
4.      ……………………….
5.      ……………………….
6.      .....................................
7.      .....................................
8.      ......................................


Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Puncak tertinggi di Australia adalah................(Puncak Kosciusko)
2.      Ibukota negara bagian Australia Utara adalah...........(Perth)
3.      Penduduk asli Benua Australia adalah suku...............(Aborigin)
4.      Sebutkan 3 gurun pasir yang terdapat di benua Australia! (Gurun Gibson, Gurun Victoria, Gurun Sandy)
5.      Australia merupakan salah satu negara penghasil...............(Wol)












LEMBAR JAWAB SISWA

Kelompok 4 ( BENUA ASIA )         :
1.      ……………………….
2.      ……………………….
3.      ……………………….
4.      ……………………….
5.      ……………………….
6.      .....................................
7.      .....................................
8.      ......................................


Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Negara yang terkenal dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika adalah negara..........(Indonesia)
2.      Ibukota negara Korea Utara adalah.............(Pyongyang)
3.      The Great Wall terdapat di negara............(Republik Rakyat Cina)
4.      Negara yang memiliki julukan sebagai negara Nippon Asia adalah...........(Jepang)
5.      Puncak tertinggi di dunia adalah..............(Mount Everest)












LEMBAR JAWAB SISWA

Kelompok 5 ( BENUA AFRIKA )  :
1.      ……………………….
2.      ……………………….
3.      ……………………….
4.      ……………………….
5.      ……………………….
6.      .....................................
7.      .....................................
8.      ......................................


Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Di negara manakah terletak Terusan Suez?(Mesir)
2.      Ibukota negara Afrika Selatan adalah...................(Pretoria)
3.      Pelabuhan terkenal di Afrika Selatan adalah................(Cape Town)
4.      Gurn yang terdapat di benua Afrika adalah.....................(Gurun Sahara)
5.      Ibukota negara Maroko adalah.....................(Rabat)













SOAL PENGUATAN


Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar berdasarkan bantuan Atlas!
1.      A adalah benua……………………….(Benua Amerika)    
2.      B merupakan benua…………………..(Benua Eropa)
3.      D adalah negara………………………(Madagaskar)
4.      Keajaiban dunia yang terdapat di negara C adalah…………………. (Tembok Besar Cina)
5.      E adalah negara yang memiliki julukan negara Zamrud Khatulistiwa karena kekayaan alamnya yang melipah.
      E adalah negara………………………….(Indonesia)
6.      F adalah benua asal hewan kanguru.
      Benua ini adalah benua……………………….(Benua Australia)

SKOR TOTAL  (K) =             
                                             Skor Perolehan x 10
                                           ----------------------------
                                            6




















FORMAT PENILAIAN SKALA SIKAP (G)
No
Nama Siswa
Apresiasi Perilaku/Sikap
Nilai
Akhir
Bekerja sama
Berinisiatif
Penuh
Perhatian
Bekerja
Sistematis
(A)
(B)
(C)
(D)
(E)
(F)
(G)
(H)
1.
Ambar






2.
Natalia






3.
Ani






4.
Arif K.






5.
Ammar






6.
Rommi






7.
Nunik






8.
Dedi R.S.






9.
Dedi S.






10.
Desi Sigit






11.
Nita






12.
Diah S.






13.
Dyah Puji






14.
Fasiha






15.
Harjoko






16.
Hesti






17.
Ian






18.
Susi






19.
Irma






20.
Irvan






21.
Nia






22.
Yudha






23.
Mei Linda






24.
Miftah






25.
Nurul






26.
Wulan






27.
Siwi






28.
Restu






29.
Riang






30.
Rina






31.
Ristu






32.
Septi R.






33.
Sidiq






34.
Siti F.






35.
Tuti






36.
Toni






37.
Triyani






38.
Tutun






39.
Putra






40.
Zepty







KRITERIA SKOR SKALA SIKAP:
A      =   Baik Sekali             =    25
B      =   Baik                       =    20
C      =   Cukup                    =    15
D      =   Kurang                   =    10
E      =   Sangat Kurang       =      5


PENGHITUNGAN SKOR SKALA SIKAP:
            ∑ (G)                 =      (C)   +   (D)   +   (E)   +   (F)


NILAI AKHIR:
                                                    (K)   +     (G)
                  (H)             =       -------------------------------
                                                                 2                             


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar